Random Health Facts #11

Olahraga 15 Menit Sehari Bisa Perpanjang Umur 3 Tahun

 Kebanyakan orang berjuang melakukan pedoman standar olahraga dengan 30 menit sehari dan lima hari dalam seminggu. Dengan standar ini, masih banyak orang yang merasa sulit dan tidak memiliki waktu untuk melakukannya.

Kini studi terbaru yang dilakukan Taiwan’s National Health Research Institutes menemukan bahwa hanya dengan melakukan olahraga 15 menit sehari, Anda sudah bisa memperpanjang umur hingga 3 tahun. Dalam studi yang telah diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet, Wen mempelajari lebih dari 416.000 peserta selama 13 tahun untuk menganalisis catatan kesehatan dan melaporkan tingkat aktivitas fisik setiap tahun.

Setelah memperhitungkan perbedaan usia, berat badan, jenis kelamin dan berbagai indikator kesehatan yang berhubungan, peneliti menemukann bahwa hanya dengan 15 menit olahraga sedang setiap hari sudah dapat meningkatkan harapan hidup sebesar 3 tahun.

Para ahli berharap dengan mengidentifikasi ‘dosis’ yang lebih rendah, lebih banyak orang akan termotivasi untuk melakukan olahraga dan bangkit dari sofa malasnya.

===========

Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

1. Sirkulasi darah yang baik
Jalan pagi berfungsi sebagai latihan kardio halus dengan mempercepat detak jantung dan memompa darah ke setiap bagian tubuh. Latihan ini meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengendalikan tekanan darah dan kolesterol dalam jangka panjang.

2. Kekuatan otot dan stamina
Jalan pagi membantu meningkatkan daya tahan otot dan meningkatkan daya dukung oksigen darah, sehingga meningkatkan stamina secara keseluruhan. Jadi, dengan teratur jalan kaki pagi tidak perlu khawatir lelah di siang hari.

3. Mengontrol gula darah
Jalan pagi adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol gula darah, terutama jika Anda seorang penderita diabetes dan gangguan insulin. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Medical Association menemukan bahwa orang yang latihan di pagi hari menunjukkan kontrol yang lebih baik pada gula darah sepanjang hari.

4. Peningkatan kualitas kulit
Banyak orang mengalami masalah kulit seperti jerawat, yang alasannya adalah polusi. Berjalan di pagi hari membantu kulit Anda untuk bernapas dalam oksigen yang bebas polusi dan kabut pagi memiliki efek pelembab pada kulit.

Vitamin D yang diserap dari matahari pagi juga sangat bermanfaat. Sementara Anda keringat, kulit pori-pori terbuka dan dibersihkan, memberi kulit yang lebih sehat, yang hasilnya bisa terlihat hanya dalam beberapa hari.

5. Kualitas tidur yang baik
Orang yang rajin jalan kaki di pagi hari juga lebih mudah tidur nyenyak di malam hari. Sebuah studi yang dilakukan di Fred Hutchison Cancer Research Center di Seattle, menunjukkan bahwa olahraga dilakukan pada pagi hari membantu dalam memprovokasi tidur pada malam hari.

6. Perbaikan metabolisme
Ketika tidur, metabolisme tubuh melambat sepenuhnya. Jalan pagi adalah cara terbaik untuk memulai meningkatkan metabolisme. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa orang yang terbiasa berjalan di pagi hari memiliki tingkat metabolisme yang lebih baik daripada orang yang tidak berjalan sama sekali.

Hal ini memastikan bahwa Anda merasa lebih aktif, bersemangat dan waspada secara mental sepanjang hari. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang teratur dengan latihan pagi hari cenderung memiliki otak yang sangat tajam dan pengambil keputusan yang baik.

7. Kesehatan mental yang baik
Jalan pagi hampir sama manfaatnya seperti meditasi. Angin pagi yang segar dapat melepaskan energi positif dan membantu mengatasi masalah mental seperti depresi dan kecemasan. Hal ini dapat menempatkan Anda dalam mood yang baik sepanjang hari.

8. Penyerapan vitamin D
Mandi atau berjemur sinar matahari pagi dapat membantu menyerap vitamin D yang berharga untuk tubuh, serta mengurangi risiko kekurangan kalsium dari tulang yang dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis dan osteopenia.

===========

Teknik Menurunkan Berat Badan dengan Jalan Pagi

 Langkah 1
Makan sarapan bergizi atau makanan kecil sebelum berjalan, seperti yogurt dengan kenari atau segenggam biskuit rendah lemak dengan selai kacang, menurut rekomendasi Mayoclinic.com. Keseimbangan protein dan karbohidrat akan menjadi bahan bakar yang membantu mencegah cedera dan memperbaiki stamina.

Langkah 2
Pada tahap awal, cobalah berjalan selama 30 menit dalam 3 hari dalam seminggu.

Langkah 3
Tetap makan makanan dengan gizi seimbang seperti biji-bijian, buah segar dan sayuran dan protein tanpa lemak untuk setiap kali makan. Mengonsumsi makanan dengan kalori lebih sedikit dan menggabungkan latihan berjalan akan dengan cepat menurunkan berat badan Anda.

Langkah 4
Tambahkan interval kecepatan berjalan atau dengan sedikit berlari agar tubuh menjadi lebih kuat. Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, tambahkan interval waktu jalan kaki di pagi agar membakar lebih banyak kalori dan memberikan latihan ekstra untuk otot.

Langkah 5
Cobalah berjalan dengan mengambil langkah besar ke depan dengan kaki dan lutut kaki kanan sedikit ditekuk. Pegang bokong lalu ambil langkah besar dengan kaki kiri, ayunkan rendah ke tanah. Tekuk lengan dan kepalkan tangan kemudian ayunkan lengan saat kaki bergerak. Lanjutkan 1 menit, jaga kedua lutut dan siku tetap ditekuk.

===========

Yang Harus Dilakukan Setelah Berolahraga

 Otot membutuhkan waktu 24-48 jam untuk memperbaiki dan membangun jaringan kembali, jika seseorang melakukan olahraga secara terus menerus makan bisa menyebabkan kerusakan. Karenanya proses pemulihan merupakan suatu hal yang penting agar tubuh siap melakukan latihan kembali. Namun jika otot tidak diberikan waktu yang cukup untuk memulihkan diri sebelum latihan kembali, maka otot bisa menjadi lebih kecil serta jaringan tidak bisa kembali ke bentuk semula.

Waktu pemulihan (recovery) adalah hal yang penting dilakukan setelah olahraga untuk bisa mempertahankan rutinitas tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang penting dilakukan setelah berolahraga, yaitu:

1. Melakukan peregangan
Peregangan yang dilakukan setelah berolahraga bisa membuat otot menjadi hangat dan lebih elastis, serta meningkatkan fleksibilitas untuk memaksimalkan berbagai gerakan sendi.

2. Beristirahat
Istirahat atau cool down adalah cara terbaik untuk memulihkan tubuh setelah berolahraga. Beristirahat dan menunggu beberapa saat setelah latihan memungkinkan tubuh melakukan proses perbaikan dan pemulihan.

3. Meditasi
Meditasi yang dilakukan setelah olahraga membuat tubuh menjadi rileks, mengurangi stres dan menenangkan pikiran.

4. Mandi
Setelah keringat kering, mandilah menggunakan air hangat selama 3-4 menit lalu air dingin selama 1 menit. Air hangat akan mendorong pembuluh darah untuk meluas dan air dingin untuk menyempitkan kembali.

5. Nutrisi setelah berolahraga
Setelah menguras banyak energi, maka tubuh perlu bahan bakar kembali untuk memulihkan dan memperbaiki jaringan menajdi lebih kuat. Idealnya seseorang makan dalam waktu 60 menit sejak olahraga berakhir dengan mengonsumsi protein tinggi dan karbohidrat kompleks.

6. Mengganti cairan
Minum air adalah hal yang penting sebelum, selama dan setelah latihan. Para ahli biasanya menyarankan minum 2-3 gelas dalam waktu 2 jam setelah olahraga meskipun tubuh tidak terasa haus.

7. Melakukan pemijatan
Pijat bisa membuat sirkulasi menjadi lebih baik dan membuat tubuh menjadi rileks. Pijat olahraga yang dilakuakn secara teratur adalah hal penting, sebaiknya dilakukan sebulan sekali.

===========

sumber: 1 | 2 | 3 | 4

Everything… feels… not quite normal

Mary Jane: Has he mentioned me?

Peter Parker: Yeah.

Mary Jane: What’d he say?

Peter Parker: Uh… I said… he asked me what I thought about you.

Mary Jane: And what did you say?

Peter Parker: I said… uh… Spider-Man, I said uh… The great thing about MJ is… when you look in her eyes and she’s looking back in yours… everything… feels… not quite normal. Because you feel stronger and weaker at the same time. You feel excited and at the same time, terrified. The truth is… you don’t know what you feel except you know what kind of man you want to be. It’s as if you’ve reached the unreachable and you weren’t ready for it.”

Mary Jane: You said that?

Peter Parker: Well, something like that.

-Spiderman, 2002-

Yang jelas bukan Kristian Gonjales

Hari ini di kelas bahasa prancis…

Le prof : *sambil baca buku* En quelle année l’Uruguay a-t-elle gagné la Coupe du monde? Siapa yang bisa jawab pertanyaan ini?

Moi : *menjawab dengan semangat* Mille neuf cent trente (1930)!!

La classe : Wooooow!!!

Le prof : Wah, pasti pacarnya orang Uruguay nih!

Moi : zzzzzz…(ya kali dah, pak!)

Fakta Menarik Tubuh Manusia – Bagian 2

1. Dalam tubuh manusia, sekitar 3 juta sel mati setiap menit.

2. Partikel debu yang ditemukan di rumah sebagian besar berasal dari kulit mati tubuh manusia.

3. Otak relatif lebih aktif pada malam hari dalam satu hari.

4. Otak terdiri dari 80 persen air.

5. Rata-rata orang setiap hari kehilangan sekitar 60 sampai 100 helai rambut.

6. Otot terkuat dalam tubuh manusia adalah lidah.

7. Mata dan hidung selalu tumbuh, tapi mata tetap dengan ukuran yang sama dari awal.

8. Sel telur perempuan adalah sel terbesar dalam tubuh dan sperma laki-laki adalah sel terkecil.

9. Untuk mengambil satu langkah, tubuh manusia menggunakan sekitar 200 otot.

10. Ada sekitar 1 triliun bakteri ditemukan pada masing-masing kaki.

11. Sekitar 6 bulan sebelum bayi lahir, gigi sudah mulai tumbuh tapi belum muncul ke permukaan gusi.

12. Kotoran telinga lebih banyak disekresikan oleh tubuh saat orang merasa takut.

13. Sekitar 36.000 galon darah dipompa oleh jantung setiap hari.

14. Ada sekitar 250.000 kelenjar keringat yang ditemukan pada sepasang kaki manusia.

15. Setiap manusia pada saat konsepsi (pembuahan benih) menghabiskan sekitar setengah jam sebagai sel tunggal.

16. Untuk menghasilkan suara ketika berbicara digunakan sekitar 72 otot.

17. Jantung perempuan berdetak lebih cepat dari jantung laki-laki.

 18. Semua fungsi tubuh berhenti ketika Anda bersin termasuk jantung, selama sekitar satu detik.

19. Sekitar 15 juta sel darah bisa hancur setiap detik.

20. Laki-laki dapat mengalami ereksi setiap satu setengah jam saat tidur.

21. Ada sekitar 120 juta hubungan seksual yang berlangsung setiap hari di seluruh dunia.

22. Ada sekitar 31.500 kata yang diucapkan manusia setiap hari.

23. Saat terlalu banyak makan, kemampuan pendengaran manusia menjadi berkurang.

24. Golongan darah O adalah golongan darah yang paling umum di dunia.

25. Manusia tidak merasa geli saat menggelitik tubuhnya sendiri.

========

sumber: ini

Fakta Menarik Tubuh Manusia – Bagian 1

 1. Cetakan lidah (tongue print)

Jika ingin menyembunyikan identitas diri, sebaiknya tidak menjulurkan lidah secara sembarangan. Karena sama seperti jari, setiap orang memiliki cetakan lidah yang berbeda-beda.

2. Ganti kulit

Ternyata tidak hanya hewan yang bisa mengalami ganti kulit. Karena manusia merontokkan 600.000 partikel kulit setiap jamnya, sehingga diperkirakan rata-rata orang kehilangan 10 pon kulit pada usia 70 tahun.

3. Tulang bayi lebih banyak dari orang dewasa

Orang dewasa memiliki jumlah tulang yang lebih sedikit dibandingkan saat masih bayi. Saat memulai kehidupan seseorang memiliki 350 tulang, tapi seiring pertumbuhan, beberapa tulang ada yang menyatu sehingga saat dewasa hanya memiliki 206 tulang.

4. Lapisan perut berganti setiap 3-4 hari

Tanpa disadari setiap 3-4 hari seseorang akan mendapatkan lapisan perut yang baru. Karena jika tidak ada pergantian lapisan, asam di perut yang harusnya menghancurkan makanan malah akan menghancurkan dinding perut.

5. Daya penciuman hidung

Hidung manusia mampu mengingat 50.000 bau yang berbeda.

6. Ukuran usus sangat panjang

Usus kecil manusia sekitar empat kali rata-rata tinggi orang dewasa. Karena itu jika tidak melingkar bolak balik, maka usus yang panjangnya 548,64cm – 701,04 cm ini tidak akan bisa masuk ke dalam rongga perut dan bentuknya akan berantakan.

7. Bakteri di kulit manusia

Setiap inci dari kulit tubuh manusia memiliki sekitar 32 juta bakteri di atasnya, tapi beruntungnya sebagian besar dari bakteri ini tidak berbahaya.

8. Sumber dari bau badan

Sumber dari bau kaki dan ketiak adalah akibat keringat. Dan sepasang kaki memiliki 500.000 kelenjar keringat yang bisa menghasilkan setengah liter lebih keringat setiap harinya.

9. Kecepatan bersin

Udara yang dikeluarkan ketika seseorang bersin bisa memiliki kecepatan 100 mil per jam atau lebih. Karena itu seseorang diharuskan untuk menutup hidung dan mulutnya ketika sedang bersin, hal ini agar bakteri atau kuman yang dikeluarkan tidak menulari orang lain.

 10. Perjalanan darah di dalam tubuh

Darah yang mengalir di dalam pembuluh darah memiliki panjang perjalanan sekitar 60.000 mil di dalam tubuh manusia. Selain itu pompa jantung bekerja keras sekitar 2.000 galon darah yang melalui pembuluh darah setiap harinya.

11. 25 ribu liter air ludah

Seseorang mungkin tidak pernah membayangkan akan berenang di dalam air liur. Tapi dalam seumur hidupnya, rata-rata seseorang memproduksi sekitar 25.000 liter air liur. Hal ini berarti air liur seseorang cukup untuk mengisi dua kolam renang.

12. Suara mendengkur yang keras

Pada usia 60 tahun, sekitar 60 persen laki-laki dan 40 persen perempuan akan mendengkur. Tapi suara mendengkur ini bisa membuat seseorang menjadi tuli. Rata-rata suara dengkuran seseorang memiliki tingkat kebisingan sekitar 60 desibel, tapi ada juga yang bisa mencapai 80 desibel yang mana setara dengan suara bor untuk memutus beton.

 13. Warna dan jumlah rambut

Warna rambut ternyata juga menentukan seberapa banyak jumlah rambut yang dimilikinya. Orang dengan rambut pirang memiliki sekitar 146.000 folikel, rambut hitam memiliki sekitar 110.000 folikel, rambut coklat sekitar 100.000 folikel, rambut merah sekitar 86.000 folikel. Dari masing-masing folikel ini akan memproduksi 20 helai rambut.

14. Pertumbuhan kuku

Kuku yang sering digunakan akan memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, karena itu kuku jari tangan akan lebih cepat panjang dibandingkan dengan kuku jari kaki. Dan rata-rata pertumbuhan kuku sekitar sepersepuluh inci (0,254 cm) setiap bulannya.

15. Berat kepala

Tidak mengherankan jika seorang bayi sangat sulit untuk mengangkat kepalanya, karena kepala manusia saat dilahirkan adalah seperempat dari total panjang tubuhnya. Sedangkan saat mencapai dewasa, berat kepalanya hanya seperdelapan dari total panjang tubuh seseorang.

 16. Membutuhkan tidur

Seseorang mungkin bisa pergi tanpa makan selama berminggu-minggu tanpa menyerah. Tapi jika selama sebelas hari seseorang tidak tidur sama sekali, maka orang tersebut akan tidur selamanya.

17. Tulang Panggul

Tulang panggul akan terus tumbuh hingga usia 70 tahun. Tubuh akan mengalami pelebaran akibat pertumbuhan dari tulang panggul. Ini mungkin menjelaskan adanya sebagian besar peningkatan berat badan sekitar 0,5 kg setiap tahunnya.

=========

sumber: 1 | 2

Il Divo

Mimpi ke Jerman

ketemu Andrea Bocelli

Diminta jadi model video klipnya

Konyol. Konyol. Konyol

Ekspektasi terlalu tinggi memang

supaya bisa dateng ke konsernya bulan depan

Oh Tuhan…

Tiket konser itu…

Boleh jatuhkan 1 lembar saja dari langit?

Please? ;D