Jadi Anak Autis Sehari

Sejak kuliah en kos di Depok, gw jadi sering jalan-jalan ke mall sendirian. Gak jauh-jauh koq, seputar Detos sama Margo City aja, yang masih terjangkau jalan kaki. Gw jadi sering window shopping sendiri, makan sendiri, nonton bioskop sendiri. Emang salah ya?

“Gak salah, tapi aneh!” gitu kata temen-temen gw. “Uda kayak anak autis luh! Jalan sendiri, makan sendiri, nonton sendiri…” Yeah, gw dibilang anak autis! Tapi yah, biarinlah, selama gak ada yang berniat menculik gw (buat apa coba?), gw sih hepi-hepi aja, hehee…

Kayak hari rabu kemaren, gw ke kampus cuma dengan 1 tujuan: bayar kelas Prancis 2 gw. Berhubung males jalan sendiri karena harus naek bus tante Debby (Deborah), terpaksa gw berangkat pagi-pagi sama bokap, nganterin adek gw ke sekolah. Eee…bukannya tengil gak mau naek angkutan umum! Masalahnya gw sempet ngalamin suatu kejadian yang rada-rada traumatik (halah) pas naek bus itu. Hweh…kapan-kapan aja deh ceritanya.

Gw nyampe UI jam 8 pagi. Iii…kepagian ah! Akhirnya gw ke kosan dulu, melanjutkan bobo pagi yang sempet terusik gara-gara harus mandi pagi en siap-siap brangkat ke kampus. Ehm…niatnya sih mau bangun jam 9, kenyataannya bablas ampe jam 10 lewat 10, hoho… Akhirnya masih sambil bermuka bantal gw rapi-rapi, cuci muka dikit, semprot parfum sana sini, hohoo… FIB, here I come!

Ceritanya, hari ini gw bakal menempuh perjalanan panjang dan melelahkan (lebay) dengan berjalan kaki. Eh, gw serius! Ngurusin bayaran kursus LBI FIB sama dengan bolak-balik FIB-BNI yang jaraknya lumayan (banget) kalo gak naek kendaraan. Makanya, gw mulai perjalanan hari ini dengan naek owjhek dari kuwthek biar ntar gak terlalu chuaphek. (iii…padahal tinggal nyebrang jembatan teksas apa susahnya siiiyy???)

Sampe FIB, gw langsung menuju gedung LBI buat minta slip pembayarannya. Ukh…tapi sayangnya hasil kelas Prancis 1 kemaren belom keluar. Kata bapak petugasnya, hasilnya baru keluar tanggal 30. Ya elah…padahal eke penasaran banget, bho! Ya sudalah, mari kita mulai saja perjalanan (autis) kita hari ini.

Mendaki tanjakan, mengitari Kansas, menembus perpus pusat, melewati MIPA… Beuh, jauh juga yak! Mana panas pula! Pas ngelewatin area rotunda, deket balairung, terdengar suara khas Pak Dibyo yang lagi nyanyi diiringi suara para MaBa lugu. Iyalah lugu! Mau-maunya nurut aja disuruh nyanyi-nyanyi kayak gitu, pake takut sama absen segala! Hahaa…gw banget tuh jaman dulu! Btw, mereka lagi nyanyi lagu Pantang Mundur. OMG…gw jadi kangen banget nyanyiin lagu-lagu nasional! Kayaknya uda banyak yang terlupakan, huhuu…

Egh…akhirnya sampe juga di BNI, meskipun sempet salah belok ke Balai Sidang, yang bikin gw harus muter lagi gara-gara gak tega nginjekin rumput buat motong jalan. Emang nih penyakit kalo jalan sendiri, suka miss direction gak jelas. Bweh… untung sepi tu banknya, jadi cepet selese urusannya.

Biar gak bosen, gw balik ke FIB lewat rute yang sedikit beda, lewat dalem MIPA. Lumayan sejuk lah. Ternyata di MIPA lagi sibuk masang-masang panggung sama tenda. Biasalah, tradisi tiap taun buat menyambut (apa melepas?) para wisudawan angkatan 2004. Oh mai…dunia ini sudah tua! Akuh sudah tahun ketiga! Huuee…hiks…

Yak! Melewati pangkalan bikun lagi, nembus perpus pusat lagi, setengah puteran di sekitar Kansas, dan mendarat dengan selamat di gedung 5. Hweh… beres juga kerjaan yang 1 ini!

Selesai sama urusan di LBI, perut gw mulai krucuk-krucuk gak karuan gara-gara belom sarapan. Mana baju udah keringetan! Yuck! Akhirnya gw terpaksa mampir dulu ke Kansas buat nyeruput teh anget. Di deket Departemen Ilmu Sejarah (yang sangat eksotik dengan gua batu di pintu masuknya), ada serombongan turis asia, entah china, entah korea, entah jepang (apa anak-anak BIPA yah?) yang sibuk motret-motret area sekitar situ yang emang banyak replika candi, kuil, patung, dll… (yang bikin gw naksir berat sama kampusnya FIB UI)

Dari Kansas, gw berencana ngelanjutin ngautis sendirian di Detos, hohoo… So, dengan sisa-sisa semangat di siang bolong, gw jalan kaki lagi, balik ke arah BNI lagi, coz gw mau ke Detos lewat gang senggol. Waktu jalan deket menara air, sayup-sayup gw denger anak-anak di balairung nyanyi lagu kebangsaannya UI.

“Universitas Indonesia, universitas kami. Ibukota negara, pusat ilmu budaya bangsa…”

Doh! Pegimane juga, gw kangen saat-saat jadi Maba. Kangen dikibulin, kangen dicupu-cupuin, kangen ditakut-takutin ini itu sama senior, kangen perasaan was-was kalo kabur padus, kangen jadi pusat perhatian… (hehee…anak baru gituuu!) Tapi gw sama sekali gak kangen ngerjain tugas ospeknya tuh! :-P

Akhirnya sepanjang perjalanan dari menara air ke FKM gw ditemenin nyanyian padus dari balairung.

I have a dream… A song to sing…

Wah, wah…sayang sekali angkatan gw dulu gak nyanyi lagu ini. Padahal gak perlu liat liriknya lagi, gw juga uda bisa nyanyiin dengan lancar. Ehm…maksud sayah bukan lancar dalam artian merdu, tapi udah hapal banget sama liriknya, hehee… Ya iyyalaa… cewek-cewek jaman 90-an mana sih yang kaga tau boyben Weslep???

“La…lalalalalalalaaa…”

Oh waw! Semua pasti tau lagu ini!

“Kalau tidak karena kawan…jiwa manis indung disayang…lalalalalalalala…ooo…”

Uuh…kayaknya ini dia lagu yang paling berkesan (en paling enak dinyanyiin) sama semua Maba yang pernah ikutan padus buat wisudaan. Keroncong Kemayoran rocks! :-P

Okeh, sampai juga eke di FKM, jalan dikit, sampe juga di gang senggol, dikit lagi, yak, selamat datang di Depok Town Square! Karena perut semakin berorkestra, gw langsung menuju restoran kesayangan, Hoka Hoka Bento. Mungkin kalo mereka ngeluarin semacem membership card, mungkin gw uda jadi VVIP member kali ya, secara sering banget makan di situ, heuheu… Tapi masalahnya perut gw masih mual, kalo dikasih makan banyak, apalagi nasi, pasti malah muntah. Fiuh…berarti gw harus nyari makan yang ringan-ringan aja dulu.

Berhubung gw lagi ngidam kentang, akhirnya gw putuskan buat makan mashed potato di Popeye’s. Hmh…tapi koq gw gak nemuin itu di daftar menunya ya? Apa udah diapus??? Oh… pelanggan kecewa. Tapi daripada gak makan, gw jadinya pesen chicken sandwich, es krim, sama aqua botol. 25ribu. Ih, mending makan di HokBen juga!

Eh tapi apa itu??? Oh tidak! Mataku nampaknya sudah rabun. Jelas-jelas gambar mashed potato ada di tengah daftar menu! Bahkan mungkin itu gambar pertama yang akan diliat orang normal di daftar menunya. Huduh…fokus dong, Pit! Abis bayar, si mbak-mbaknya pun langsung ngasih es krim pesenan gw tadi. Es krim cone-one scoop. Sepersekian detik gw bengong. Koq? Lagi-lagi gw salah liat. (Jelas-jelas itu bukan gelas es krim, sayaaaang! Itu cone-nya! Itu kerupuknya tauuuukk!) Oh sori, gw gak liat! :-P Gw kira sundae ice cream yang disajikan di gelas.

Sambil nunggu chicken sandwich-nya, gw duduk sambil nulis-nulis di buku notes yang baru gw beli sebelum makan. Ehem…sebenernya uda punya sejibun notes kayak gitu, tapi gak nahan liat cover-nya, Tinkerbell yang imut, lucu, dan seksiii…ihihiii…

Pesenanku pun datang. Semoga enak. Amin. Gigitan pertama. Kunyah-kunyah… koq rasanya agak aneh? Mungkin karena polos, belom dikasih sambel. Croott!! Kasih saos. Gigitan kedua. Kunyah-kunyah…sembur! (gak lah) Bweh! Sama aja rasanya! Gak nyaman di lidah! Uhuhuu… makan siang yang gagal total!

Rencananya, abis makan gw mau langsung tancep ke 21. Oh dear! Gw belom nonton The Mummy terbaru tauk! Aje gile kalo gw gak nonton pelmnya oom Brendan Fraser! Oh…tapi…apa ini…koq si papih uda nelpon? Waduh…uda mau sampe UI? Kan masih siang gini? Gak jadi jemput sore?

“Ini udah sampe, tapi mau solat dulu di Mesjid UI.”

Egh…okeh…agenda ngautis gw terinterupsi kali ini. Well, yasudalah, daripada pulang sendiri sore-sore, naek Deborah pula yang keneknya gak manusiawi, mending balik sama si papih juga. Kayaknya seminggu pertama kuliah masi bisa nyuri-nyuri waktu kosong buat nonton The Mummy! Hohoo…mahasiswi badung!

Oke, kalo gitu sampe jumpa di episode perjalanan-perjalanan autis selanjutnya. Adiòs.

2 thoughts on “Jadi Anak Autis Sehari

Leave a Reply

