Ka De eR Te

KDRT.

Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Biasa banget kan lw denger singkatan ini… Biasa juga kan liat kasus-kasusnya di Buser, Sergap, Tangkap, Reportase, dan printilan-printilannya itulah… Biasa aja liat para aktivis perempuan gembar-gembor kampanye sana sini menentang dominasi laki-laki dalam bentuk kekerasan fisik terhadap istrinya…

Biasa…

Gw bilang biasa aja karena gw cuma pernah liat kasus-kasus itu di tipi, gw gak pernah liat sendiri, paling banter denger bisik tetangga sana sini: Denger-denger si Bu Anu dipukul sama suaminya, Bu Itu ditampar sama suaminya, bla…bla…bla…

Alhamdulillah keluarga gw sejahtera aja selama ini. Keluarga sodara-sodara gw juga biar melarat tapi masih cukup harmonis, gak pake maen tangan. Tetangga-tetangga yang gw tau juga gituh, religius punya.

Justru di hari lebaran tanggal 1 oktober kemaren, di hari orang-orang pada nangis-nangis minta maap atas kesalahannya, di hari orang-orang “mulai dari nol lagi”, di hari keluarga yang biasa bertikai jadi kumpul lagi, gw malah menyaksikan Ka De eR Te di depan mata gw sendiri. Bener-bener depan mata cuy! Secara cuma berjarak kurang dari 1 meter dari posisi gw. Koq bisa???

Ceritanya di sore hari menjelang magrib yang gerimis mengundang itu, gw sekeluarga niat mo silaturahmi ke rumah sodara di Cibubur, penasaran ama bayinya Tante Eka! Sampe di Hero Ciputat, bokap nyokap turun mo beli paket buah buat oleh-oleh. Berhubung gw ama ade gw gak ada kepentingan, kita lebih milih nunggu di mobil (karena mo konser bersama, hehee).

Gak lama bonyok pergi, di sebelah mobil gw, di tempat 1 unit motor diparkir, datenglah 1 keluarga kecil (yang harusnya bahagia) yang abis belanja. Secara gw lagi berkaraoke gila pake lagunya Jason Mraz, You and I Both, gw ampe gak nyadar kalo suami istri di sebelah mobil gw itu lagi ribut-ribut. Ade gw tuh yang nyadar, trus nyuruh gw matiin lagunya (huh!), trus… nonton “sinetron” dah!

Gw gak ngerti mereka ribut-ribut apa. Gak kedengeran juga gituh. Tapi tiba-tiba…

BRUUKK!!!

Suaminya enak aja gitu ngedorong istrinya ampe jatoh! BANGKE!

Mentang-mentang laki! Mentang-mentang badannya gede! Mentang-mentang istrinya kecil dan kayak gak punya tenaga! Enak aja tu si brengsek ngejorokin istrinya seenak jidat gak berotaknya! Huuhh… sebel akuh! Sebel!

Perlu dicatat ya sodara-sodara! Kondisinya waktu itu gerimis, bechuek (tapi banyak owjhek), dan istrinya yang kecil itu lagi gendong anaknya yang masih bayi! Ya elah… segede gitu mah setaun juga belom ada kali, kecuali anaknya kena malnutrisi. Gila yah tu suaminya! Anaknya juga langsung jerit-jerit histeris.

Istrinya langsung nangis… (yaiyyalah! masa ngajak maen tak jongkok???) Orang-orang pada ngeliatin dan jaga-jaga kalo ada kemungkinan terburuk: Istrinya berubah jadi Saras 008 dan suaminya berbalik dicakar abis! Hehee…

Akhirnya reda juga sih emosi tu laki. Gak lama mereka pulang naek motor dan ngelanjutin baku hantamnya di rumah. Semoga aja sih gak lah ya.

Huufh… Gokiiilll!!! KDRT di depan mata dan gw gak bisa ngapa-ngapain! Aku merasa tak berguna…

*berlebihan*

Abis kalo tiba-tiba turun dari mobil dan sok jadi pahlawan bisa jadi gw yang babak belur dan emosi lakinya kagak turun-turun. Berhubung (kayaknya) dia gak sadar ada orang dalem mobil, anggep aja gw gak mo ikut campur urusan rumah tangga orang…

*tsaahh…banyak bacot lo piiittt*

Leave a Reply

