Muslim Bosnia

Suatu hari, gw pernah melontarkan pertanyaan bodoh ke nyokap gw. “Ma, koq bisa ya di Bosnia mayoritasnya muslim? Padahal secara fisik, mereka kan bule-bule gitu, biasanya Kristen.”

Nyokap gw dengan enteng menjawab, “Ya kan penyebaran Islam sampe ke situ, jamannya Turki Usmani. Islam kan sampe ke Eropa. Coba tuh Imam Bukhari, kan dari Bukhara.”

Oiyah. Bener juga. Bodoh saya.

Tiba-tiba gw kepikiran itu abis banyak ngobrol sama temen baru gw, lewat fesbuk seperti biasa. Namanya Edina Karaman, orang Bosnia asli, dan sekarang tinggal di Sarajevo. Dia ini termasuk muslim Bosnia yang selamat dari perang antaretnis yang pecah antara tahun 1992-1995. Nah, waktu SMP gw pernah baca buku diary Zlata Filipović. Dia ini survivor perang Bosnia juga. Uniknya, ternyata dia dulu tetangganya Edina.

Zlata Filipović

Zlata Filipović

Edina cerita sedikit tentang Zlata Filipović ini. Ternyata, setelah 4 bulan perang pecah, dia sekeluarga berhasil keluar dari Bosnia. Jadi, bisa dibilang, Zlata bukan survivor sejati kayak muslim Bosnia yang menetap di negaranya selama perang karena dia “cuma” ngerasain 4 bulan dari 3 tahun peperangan.

Sarajevo, kota yang paling menderita selama perang antaretnis tahun 1992-1995

Sarajevo, kota yang paling menderita selama perang antaretnis tahun 1992-1995

Gw iseng nanya sama Edina tentang agamanya Zlata sekeluarga, soalnya di bukunya itu gak jelas apakah Islam apa Kristen. Gak ada cerita dia ato anggota keluarganya solat (seinget gw yah). Kalo sebangsa nyebut nama Allah pernah sih, tapi ada cerita natal juga. Ah gw binun, makanya gw nanya. Edina bilang, keluarga Zlata itu cuma “Islam KTP”, ngerti kan? Dan ada banyak muslim Bosnia yang kayak gituh. Oh wow, mirip abis sama Indonesia! Hohoo…

Yah, pokoknya intinya dari situ kita mulai diskusi kecil tentang Islam. Dari situ juga, gw mulai kepikiran pertanyaan bodoh gw tadi. Gw pun merenung sendiri, nyari tau kenapa gw bisa mikir begitu, dan akhirnya gw nemuin alasannya.

Simpel ajah. Semoga gw bisa jelasin dengan baik, karena gw sering nemuin kesulitan nyari kata-kata yang bagus kalo cerita. =P

Islam kan turun dan berkembang pertama kali di dunia Arab. Kalo mayoritas orang Arab agamanya Islam, wajar. Waktu sekolah kita belajar sejarah gimana prosesnya Islam menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, dan cerita ini ibaratnya udah “mendarah daging” banget buat gw. Gw pun gak mempertanyakan lagi kenapa mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, padahal isinya bukan orang Arab. Melayu gitu loh!

Peta persebaran agama di Indonesia

Peta persebaran agama di Indonesia

Nah, mungkin ya, mungkin, karena gw udah terbiasa dengan mayoritas penduduk Indonesia yang muslim ini, gw sampe “lupa” kalo Islam gak cuma ada di Indonesia aja. Istilahnya, karena gw udah “biasa” dengan keadaan tadi, gw hampir “menganggap” kalo dunia Arab dan di Indonesia tuh “mirip”, sama-sama dunia dengan budaya Islamnya yang kental. Akibatnya, gw ngerasa “aneh” ngeliat bule-bule di Bosnia sana yang mayoritasnya Islam. Waduh? Bingung? Sama!

City of Pocitelj, Bosnia. Salah satu mesjid di Bosnia

City of Pocitelj, Bosnia. Salah satu mesjid di Bosnia

Nah, coba sekarang keadaannya dibalik. Ada seorang muslim di Bosnia sana, yang agak bodoh kayak gw, yang mempertanyakan kenapa di negara Indonesia sana, yang secara geografis ada di tenggara Asia, yang mayoritas penduduknya etnis melayu, bisa menjadi negara muslim terbesar di dunia. Ngerti kan? Kalo dia sampe mempertanyakan itu, mungkin dia punya pikiran yang mirip sama gw. Dia udah “biasa” juga dengan lingkungan islaminya, “biasa” menjadi bagian dari kebanyakan penduduk muslim lainnya di negaranya, sampe “lupa” kalo Islam ada di seluruh dunia.

Ah, padahal kan kalo narik garis di peta udah keliatan, jarak Arab ke Indonesia lebih jauh dari jarak Arab ke Bosnia, banyak ngelintasin samudera pula! Jadi, orang Bosnia yang lebih berhak mempertanyakan hal ini, bukan gw. Hehe…

(Jadi, intinya apa? Yasudalah, gak usah dipikirin daripada pusing.)

5 thoughts on “Muslim Bosnia

Leave a Reply

