Jahiliyah!

Benci! Benci! Benci banget tiap denger berita lagi-lagi TKI disiksa!

Berita tentang tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia di Arab Saudi akhir-akhir ini emang bikin darah mendidih. Enak banget ya manusia dijadiin pelampiasan kalo lagi marah: dipukul, ditendang, disetrika, digunting, diracun, dibunuh, dibuang di tong sampah!

Saking emosinya, kemaren gw sampe mempertanyakan sama nyokap, “Karakter asli orang arab gimana, sih? Emang suka nyiksa, ya?!”

(Jangan sampe bikin gw jadi rasis, deh!)

Nyokap gw menjawab, “Ya…temperamental emang. Makanya Islam diturunin di situ.”

Ah ya, bener juga. Kalo belajar sejarah kebudayaan Islam pasti tau gimana kelakuan mereka sebelum Islam turun, bahkan Rasulullah SAW aja ikut diperlakukan dengan kejamnya olah bangsa-bangsa jahiliyah itu.

Apakah setelah runtuhnya kejayaan Islam, ikut runtuh juga moral mereka dan kembali ke jaman jahiliyah?

Nyokap bilang, ada orang-orang di sana yang masih menganggap pembantu adalah budak. Ya, budak. Dan sayangnya, menurut tradisi mereka, yang namanya budak bebas diapain aja. Mau disuruh-suruh, digebok, digaulin juga boleh, ckckck… Islam udah mengharamkan perbudakan, begitu juga hukum internasional, tapi apakah semua orang di Arab Saudi yang punya pembantu mikirnya sama?

Pemerintah juga nih gak becus ngurusin rakyatnya. Kayaknya para TKI cuma dijadikan komoditas, gak dianggep manusia kali. Agen-agen penyalurnya juga deh, gak inisiatif bikin pelatihan yang cukup sebelum diberangkatin apa ya? Nunggu mayat TKI numpuk dulu kali baru mau buka mata?

Satu lagi, gw masih gak abis pikir kenapa Pak SBY punya ide tiap TKI dikasi bawa henpon. Ya kali deh, Pak! Sampe sana kalo HPnya disita majikannya terus gimana? Bapak mau ngobrol sama majikannya aja?

Ckckckck… lain kali kalo ngomong dipikir dulu, Pak. Apa gunanya punya sederet staf ahli kalo gak dipake otaknya. Ngomong asal gitu malah jadi bahan ketawaan atau dianggep biar keliatan peduli aja tapi isinya gak masuk akal.

Damailah dunia! >.<

==============

Disclaimer: Artikel ini bersifat subyektif dan ditulis dalam keadaan emosional. Semoga tidak diambil hati oleh pihak-pihak yang merasa disebut di dalamnya karena aslinya saya cinta damai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s