Random Health Facts #3

Makan Wortel Bikin Orang Makin Menarik

Peneliti di St. Andrews and University of Bristol menunjukkan bahwa wanita dan pria yang rajin makan sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuat seperti wortel dan plum, bisa memiliki kulit kuning bercahaya yang dianggap sangat menarik dan sehat.

Sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuat biasanya mengandung pigmen yang disebut karotenoid. Zat ini ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu yang memainkan peran penting dalam memberikan kulit yang bercahaya. Hanya butuh waktu dua bulan rutin mengonsumsi wortel untuk dapat melihat hasil nyata pada kulit.

Wortel atau Daucus carota merupakan tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun. Selain untuk kesehatan mata dan kulit, sayur yang banyak mengandung beta-karoten, vitamin A, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor dan besi ini dapat juga berfungsi menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah dan membersihkan cacing kremi.

=================

Obati Maag dengan Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe vera lebih dulu dikenal manfaatnya untuk perawatan rambut dan mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Tak hanya itu, tanaman berlendir ini juga memiliki manfaat untuk mengobati maag. Daun lidah buaya yang berdaging dan mengeluarkan cairan pahit sangat baik digunakan sebagai penyembuh luka dan kondisi kulit

Jus lidah buaya memiliki efek antimikroba dan digunakan sebagai pengobatan untuk gangguan pencernaan. Jus lidah buaya juga bisa mengurangi peradangan, tukak lambung disebabkan oleh asam, alkohol, aspirin dan obat lain.

Lidah buaya mengandung elemen kunci seperti aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida. Selain itu, lidah buaya juga menawarkan 19 asam amino, 20 mineral dan 12 vitamin yang penting bagi kesehatan.

American Chronicle juga menambahkan bahwa lidah buaya mengandung asam amino, metionin, treonin, serin dan molibdenum, yang bekerja sama untuk detoksifikasi logam berat dan bantuan tambahan dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Hal ini dapat mencegah menumpukkan lemak di hati dan pembuluh darah arteri.

Journal of the American Osteopathic Society melaporkan bahwa efektivitas lidah buaya sebagai penyembuhan tukak lambung disebabkan karena kemampuannya untuk merangsang pelepasan pepsin, yaitu enzim lambung yang mendukung sistem pencernaan. Dr James F. Balch, penulis buku Prescription for Natural Cures menyarankan untuk minum seperempat cangkir jus lidah buaya tiga kali sehari untuk dapat menyembuhkan maag.

Wanita hamil, menstruasi, minum pil KB dan menyusui sebaiknya menghindari mengonsumsi lidah buaya. Jus lidah buaya juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka waktu panjang karena dapat menyebabkan deplesi elektrolit.

=================

Ngorok Tanda Awal Penyakit Jantung

Mendengkur alias ngorok dialami hampir semua orang terutama jika tidur dalam kondisi yang sangat lelah. Tapi bila orang ngorok setiap hari dengan suara yang keras, bisa meningkatkan risiko dan pertanda awal jantung.

Suatu studi mempelajari lebih dari 800 orang antara usia 45 dan 74 tahun mengenai kualitas tidurnya. Tiga tahun kemudian, orang-orang yang melaporkan mendengkur keras dua kali lebih mungkin mengalami sindrom metabolik, yaitu faktor risiko penyakit jantung, diabetes dan stroke. Sindrom metabolik mencakup tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, rendah kolesterol baik (HDL), trigliserida tinggi dan lemak perut berlebihan.

Gangguan tidur kronis dapat memproduksi hormon stres tingkat tinggi dan memiliki respons kardiovaskular berlebihan, yang dapat menyebabkan perubahan tekanan darah, metabolisme glukosa dan berat badan. Masalah tidur bisa langsung berkontribusi terhadap faktor risiko penyakit jantung dan diabetes. Getaran tubuh yang disebabkan oleh mendengkur dapat meningkatkan peradangan yang berpotensi merusak lapisan dalam arteri.

=================

Ref: Sumber 1 | Sumber 2 | Sumber 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s