Random Health Facts #4

Teknik ABC Bisa Selamatkan Pasien Gawat Darurat

Penanganan gawat darurat merupakan hal yang sangat penting karena menentukan keselamatan pasien itu sendiri. Karenanya dalam penanganan gawat darurat diterapkan prinsip ABC.

Prinsip penanganan gawat darurat dengan ABC ini adalah:

A untuk airway (jalur napas)

Sangat penting untuk melihat apakah pasien mengalami gangguan dengan jalur napasnya atau tidak (misalnya napas terengah-engah), jika ada gangguan maka harus segera dibebaskan. Hal yang harus diperhatikan adalah tulang leher harus tetap lurus agar tidak mengganggu jalur napas. Jika pasien datang dengan luka parah di wajahnya maka harus segera ditangani karena biasanya gumpalan darah atau muntah bisa menghalangi jalur napas.

B untuk breath (pernapasan)

Periksa pernapasannya apakah mengalami gangguan atau tidak, jika pasien sulit bernapas segera berikan napas bantuan. Karena pernapasan yang terganggu akan membuat oksigen tidak bisa masuk ke dalam darah.

C untuk circulation (sirkulasi)

Jika seseorang mengalami luka perdarahan yang parah harus segera dihentikan agar tidak mengganggu sirkulasi darah di tubuh. Kalau darah banyak yang keluar akan membuat transportasi oksigen terhambat yang bisa membuat kerja jantung semakin berat atau capek.

Sel saraf otak membutuhkan sirkulasi darah yang baik untuk membawa oksigen. Jika sirkulasi darah terganggu atau berhenti selama 3-4 menit maka sel saraf otak akan mengalami kerusakan meskipun bisa diperbaiki. Namun jika kekurangan oksigen (tidak dilakukan tindakan apapun) selama 6-9 menit bisa menyebabkan kerusakan otak yang permanen atau irreversible.

Jika ada pasien datang dengan perdarahan di otak dan satu lagi perdarahan parah di wajah, maka yang harus menjadi prioritas terlebih dahulu adalah pasien dengan luka parah di wajah karena biasanya mengalami gangguan pada jalur napasnya. Kecuali jika tenaga medisnya mencukupi untuk menangani semuanya sekaligus.

Karenanya untuk pertolongan pertama jangan dilihat dari seberapa parah luka yang dialami, tapi lihatlah apakah ada gangguan pada jalur napas, pernapasan dan juga sirkulasinya. Jika ada gangguan pada salah satu bagian tersebut segeralah berikan pertolongan untuk menghindari kematian.

=============

Bernapas Lewat Mulut Bisa Membahayakan Kesehatan

Dalam jangka pendek, bernapas melalui mulut bisa menyebabkan mulut kering, napas bau dan membuat tidur kurang nyenyak. Tapi bila Anda terus-menerus bernapas melalui mulut, hal tersebut bisa lebih parah dan membahayakan kesehatan.

Bernapas lewat mulut bisa menggangu amandel dan kelenjar gondok, sehingga akan membuat Anda makin tersiksa karena sinus menjadi padat yang menyebabkan penyumbatan lebih lanjut pada saluran udara bagian atas.

Ketika mengambil oksigen melalui hidung maka oksigen akan melewati selaput lendir dan ke dalam sinus, menghasilkan oksida nitrat yang dibutuhkan tubuh untuk semua otot polos, seperti jantung dan pembuluh darah. Jadi ketika Anda tidak bernapas melalui hidung, darah Anda sebenarnya tidak mendapatkan semua oksigen yang diperlukan untuk berfungsi dengan baik.

Bernapas melalui mulut yang sering dialami anak-anak bisa mengubah bentuk wajah. Bila kebiasaan bernapas lewat mulut sudah parah, anak bisa mengembangkan apa yang disebut long face syndrome (sindrom wajah panjang), yaitu wajah menjadi sempit dan fitur wajah sangat tidak menarik.

Selain itu, sindrom ini juga membuat amandel menjadi bengkak. Kadang-kadang posisi rahang juga menjadi aneh untuk menjalankan fungsi mendapatkan banyak oksigen ke dalam tubuh.

=============

Suara Perempuan Lebih Nyaring Saat Sedang Masa Subur

Perempuan mengalami masa subur (ovulasi) setiap bulannya yang menandakan matangnya sel telur. Ada satu tanda perempuan bila sedang subur, yaitu memiliki suara nyaring alias nada yang lebih tinggi.

Pada penelitian ini dikumpulkan dua set sampel suara dari tiap partisipan. Satu rekaman suara dibuat ketika perempuan berada di puncak masa suburnya, sedangkan satu suara lagi diambil saat berada di siklus kesuburan terendah. Partisipan diminta mengucapkan satu kalimat dan satu suku kata (satu vokal).

Hasil yang didapatkan ketika perempuan berada dalam masa subur maka nada suaranya naik secara signifikan dibanding saat ia tidak subur. Hal ini terjadi ketika ia mengucapkan satu kalimat. Perbedaan nada suara yang terbesar selama masa subur adalah dua hari sebelum ovulasi.

Para peneliti menduga ada kemungkinan fluktuasi hormon yang terjadi saat atau selama masa subur mempengaruhi bagaimana nada suara yang keluar. Masa subur terjadi sekitar hari ke 12-15 yang dihitung sejak haid hari pertama, tapi bila siklus haid tidak teratur agak sukar menentukan masa suburnya.

=============

Bentuk Tubuh Mempengaruhi Tingkat Kesuburan

Bentuk tubuh secara keseluruhan menunjukkan tingkat kesuburan seorang wanita, setidaknya menurut sebuah penelitian di Jagiellonian University, Polandia. Penelitian yang dilakukan tahun 2004 tersebut mengaitkan bentuk tubuh wanita dengan produksi hormon estradiol.

Peneliti mengatakan hormon estradiol merupakan indikator kesuburan seorang wanita. Makin tinggi kadar estradiol yang diproduksi maka kondisi sistem reproduksi seorang wanita makin mendukung untuk menghasilkan keturunan.

Wanita yang memproduksi estradiol dalam jumlah banyak cenderung memiliki bentuk tubuh yang disebut tipe ‘barbie-shaped‘. Tipe ini dicirikan dengan bentuk tubuh seperti jam pasir, yakni berlekuk dengan pinggang ramping serta tulang panggul dan payudara berukuran besar.

Dengan bentuk tubuh seperti itu, seorang wanita rata-rata memiliki kadar estradiol 30 persen lebih banyak dibandingkan wanita bertubuh bulat maupun kerempeng. Keunggulan tersebut memberikan peluang kehamilan 3 kali lebih besar pada wanita bertubuh berlekuk.

=============

Ref: Sumber 1 | Sumber 2 | Sumber 3 | Sumber 4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s