Fakta Diabetes 1

Ayah yang Doyan Makan Wariskan Diabetes ke Anak Perempuan

Pria yang doyan makanan berlemak akan mewariskan kelainan metabolisme pada anak perempuannya yang dapat memicu diabetes tipe 2. Penelitian ini menggunakan tikus yang dinilai punya kemiripan sistem metabolisme dengan manusia. Sekelompok tikus jantan yang dikondisikan dengan diet berlemak dipasangkan dengan betina sehat lalu diamati keturunannya.

Tikus jantan dengan pola makan tidak sehat itu ternyata menghasilkan keturunan dengan kelainan metabolisme gula, akibat produksi insulin berkurang 50 persen. Akibatnya kadar gula darah pada tikus-tikus keturunan pejantan tidak sehat itu meningkat 2 kali lipat sebelum memasuki masa pubertas. Pola makan tidak sehat pada tikus jantan telah menyebabkan kerusakan DNA pada sperma yang dihasilkan. Kerusakan tersebut memicu kelainan pada keturunan yang dihasilkan.

Uniknya, kelainan metabolisme itu hanya diwariskan pada anak tikus dengan jenis kelamin betina. Peneliti belum bisa mengidentifikasi mengapa anak tikus yang jantan tidak terlalu terpengaruh.

===============

8 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

1. Ukuran payudara yang besar
Perempuan dengan ukuran bra D atau lebih pada usia 20 tahun, 5 kali lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2 (karena gaya hidup). Hal ini karena ukuran payudara adalah faktor yang signifikan dari indeks massa tubuh (BMI).

2. Warna alis
Bila sebagian rambut di tubuh sudah mulai beruban tetapi warna alis tetap gelap, maka Anda harus segera memeriksa kadar glukosa darah. Hal ini karena diabetes dapat menghambat proses rambut alis yang mulai memutih.

3. Bulan kelahiran
Bulan kelahiran memainkan peran dalam perkembangan diabetes tipe 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lahir di musim semi lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 1.

4. Gangguan pendengaran
Gangguan pendengaran sekarang telah dikaitkan dengan komplikasi diabetes. Orang dengan diabetes 2 kali lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran.

5. Kaki pendek
Laki-laki dengan kaki pendek lebih cenderung mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan laki-laki berkaki panjang. Ini tidak berarti bahwa tinggi berdampak pada risiko diabetes, tapi rasio panjang kaki.

6. Kerusakan gigi
Orang yang memiliki penyakit periodontal atau kehilangan gigi akan meningkatkan risiko untuk diabetes.

7. Rambut rontok
Penderita diabetes dengan aterosklerosis mungkin juga mengalami rambut rontok atau rambut menipis. Hal ini terjadi karena ada penebalan dinding pembuluh darah arteri yang sempit ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Pembuluh darah sempit berarti oksigen kurang, yang menyebabkan gejala seperti kehilangan rambut dan kulit mengkilap dan menebal. Rambut rontok tidak hanya terbatas pada satu area tertentu dari tubuh.

8. Paparan pestisida
Petani yang sering terpapar pestisida dapat meningkatkan risiko diabetes, mengingat paparan jangka panjang pestisida dan herbisida telah ditemukan dapat meningkatkan risiko diabetes.

===============

Keliru, Jika Penderita Diabetes Lebih Suka Bubur dan Lontong

Selama ini orang yang terdiagnosa dengan diabetes banyak yang menghindari makan nasi tapi malah makan bubur atau lontong. Perilaku ini keliru karena bubur dan lontong justru lebih cepat menaikkan gula darah ketimbang nasi.

Semakin utuh bentuk makanan maka grafik kenaikan gula darah akan semakin lambat. Makanan yang lama diolahnya (karbohidrat kompleks) itu antara lain gandum utuh, beras merah, singkong, ketela, jagung.

===============

Sumber: http://www.detikhealth.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s