Fakta Diabetes 2

Tidur dengan Lampu Menyala Tingkatkan Risiko Diabetes

Penelitian tersebut dilakukan oleh Joshua Gooley, ahli kesehatan dari Harvard Medical School di Boston. Dalam eksperimen yang dilakukan  5 hari berturut-turut tersebut, Gooley melibatkan 116 partisipan berusia antara 18-30 tahun.

Para partisipan dibagi menjadi 2 kelompok, salah satunya dikondisikan untuk berada di ruangan yang terang benderang selama 8 jam sebelum tidur. Kelompok yang lain ditempatkan di ruangan yang lebih redup dengan durasi yang sama yakni 8 jam.

Hasil pemeriksaan sampel darah yang diambil tiap 30 menit menunjukkan produksi hormon melatonin turun 50 persen pada partisipan yang berada di ruangan terang. Hormon ini mengatur jam biologis yang berhubungan dengan siklus antara tertidur dan terbangun.

Selain memicu rasa kantuk, melatonin juga berhubungan dengan beberapa jenis penyakit serius. Reseptor melatonin yang terletak di saraf disebut-sebut bisa meningkatkan risiko kanker dan diabetes tipe 2 jika aktivitasnya berkurang.

===============

Kombinasi Aerobik dan Angkat Beban Ampuh Redakan Diabetes

Aerobik sangat efektif untuk membakar kalori, sekaligus baik untuk menjaga ritme jantung dan kesehatan paru-paru. Angkat beban juga dianjurkan sebab olahraga ini membutuhkan energi cukup besar meski lebih ditujukan untuk membentuk dan melatih kekuatan otot.

Manfaat paling besar akan didapatkan apabila kedua jenis olahraga ini dikombinasikan, tidak dilakukan secara terpisah. Tanpa harus menambah durasi latihan, manfaat olahraga akan meningkat cukup signifikan ketika keduanya dilakukan sekaligus.

Hal itu dibuktikan oleh hasil penelitian para ahli di Louisiana State University. Pada partisipan yang melakukan kombinasi aerobik dan angkat beban selama 9 bulan, kadar glukosa yang ditunjukkan dengan level HbA1 turun dari 7,7 persen menjadi 7,3 persen.

Temuan ini cukup masuk akal, sebab penggunaan gula paling besar adalah untuk menggerakkan otot. Makin sehat otot, makin banyak gula yang digunakan.

Dalam penelitian itu, kedua jenis olahraga dikombinasikan dengan aturan sebagai berikut. Aerobik dilakukan secara rutin setiap hari masing-masing 100 menit, lalu diselingi latihan beban sebanyak 2-3 kali seminggu masing-masing 15-20 menit.

===============

Sarapan Sehat untuk Orang Diabetes

Untuk menjaga kadar gula darah, pasien diabetes harus konsisten menjaga waktu dan porsi makan. Sarapan pada waktu yang sama setiap hari dengan jumlah makanan yang konsisten, terutama karbohidrat, dapat membantu penderita diabetes mengatur gula darah lebih baik.

Dokter atau ahli gizi biasanya menentukan berapa banyak yang pasien butuhkan untuk sarapan. Tapi menurut American Diabetes Association, pasien diabetes bisa sarapan sebanyak 45 sampai 60 gram.

Berikut beberapa makanan sehat yang baik untuk pasien diabetes:

1. Sereal
Sereal adalah sarapan yang sehat untuk pasien diabetes. Carilah sereal tawar dengan lebih dari 2,5 gram serat per porsi. Gunakan susu skim atau susu dengan 1 persen lemak untuk membatasi asupan kalori dan lemak jenuh.

Orang dengan diabetes memiliki tingkat lebih tinggi menderita penyakit jantung sehingga harus membatasi asupan lemak jenuh. Sarapan 45 sampai 60 g karbohidrat bisa berupa tiga perempat cangkir sereal gandum utuh segar, 1 cangkir susu skim dan 1 buah apel.

2. Roti gandum
Produk roti seperti roti gandum, muffin dan bagel juga dapat menjadi menu sarapan untuk pasien diabetes. Pilihlah roti dengan bahan yang utuh, sehingga mengandung lebih banyak serat, vitamin dan mineral. Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu mengontrol diabetes.

Contoh sarapan 45 sampai 60 g karbohidrat adalah sepotong roti gandum bakar dengan 1 sendok makan selai kacang.

3. Telur
Telur memberikan protein, vitamin A dan vitamin D. Jika Anda mempunyai kolesterol tinggi, Anda harus membatasi asupan kuning telur sampai dua minggu.

===============

Sumber: http://www.detikhealth.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s