Random Health Facts #6

Kolesterol Baik Bikin Otak Terang

Kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) merupakan salah satu komponen lemak yang terdapat di dalam tubuh. Fungsinya untuk melarutkan lemak-lemak lainnya agar tidak menggumpal dan memicu penyumbatan di dalam aliran darah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Dr Christiane Reitz dari Columbia University, HDL ternyata juga bermanfaat bagi otak. Lansia dengan kadar HDL yang tinggi cenderung tidak mudah terserang Alzheimer maupun jenis kepikunan lain.

Sementara itu untuk meningkatkan kadar HDL, Dr Christiane menyarankan diet yang sehat dan olahraga. Diet yang sehat antara lain menghindari alkohol, sementara nutrisi yang meningkatkan kadar HDL antara lain serat dan minyak sayur, asam lemak omega 3 dalam minyak ikan dan minyak rami.

Kadang-kadang dokter juga meresepkan suplemen niasin atau vitamin B3 untuk meningkatkann kadar HDL hingga 25 persen. Namun suplemen ini tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan karena efek sampingnya dapat menyebabkan wajah menjadi kemerahan (facial flushing).

==============

Rajin Makan Semangka Bagus untuk Pria

Selain banyak mengandung vitamin C, kalium dan vitamin B6, semangka juga mengandung senyawa antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel.

Tak hanya itu, semangka juga kaya asam amino citrulline and arginin, yang keduanya memiliki dampak positif pada tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi pada semangka ini dapat memberikan kelimpahan manfaat, terutama bagi kemampuan seks pria.

1. Mencegah kanker prostat
Pria yang menderita kanker prostat bisa mengalami penurunan fungsi seksual dan kesuburan karena teknik pengobatan radiasi. Semangka mengandung banyak antioksidan lycopene yang dapat melindungi pria terhadap kanker prostat.

2. Mengobati diabetes tipe 2
Pria yang mengalami diabetes dikaitkan dengan kehilangan kemampuan seksual karena mengalami disfungsi ereksi. Kandungan arginin yang tinggi pada semangka dapat membantu mengobati diabetes tipe 2 (karena gaya hidup). Penelitian menemukan arginin dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin, keduanya membantu menurunkan kadar glukosa yang tinggi dan berhubungan dengan diabetes.

3. Meningkatkan fungsi pembuluh darah
Citrulline yang ditemukan pada semangka dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat, yaitu molekul gas yang membantu memperluas dan melebarkan pembuluh darah. Oleh karena itu, semangka sering disebut memiliki efek Viagra karena dapat memperlancar aliran darah menuju penis.

4. Menurunkan tekanan darah
Semangka juga telah lama dikenal sebagai buah yang dapat menurunkan tekanan darah. Dengan tekanan darah yang normal, pria semakin dijauhkan dengan segala penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

==============

Jangan Tinggalkan Sarapan Bila Tak Ingin Botak

Ahli bedah restorasi rambut dari Inggris memberikan beberapa langkah sederhana untuk membantu mengurangi kerontokan rambut, yaitu:

1. Jangan lewatkan waktu sarapan
Rambut terdiri dari keratin, yaitu zat yang memberinya kekuatan. Terlalu sedikit protein akan mempengaruhi tingkat keratin, sehingga menyebabkan rambut kehilangan tenaga dan berhenti tumbuh. Sarapan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan protein dalam tubuh, dengan makanan seperti ikan, telur, ayam, daging merah.

2. Makan kacang-kacangan
Kurangnya zat besi bisa menyebabkan rambut rontok. Jika Anda tidak memiliki cukup zat besi, maka kadar feritin akan turun, yang merupakan molekul penyimpan zat besi dalam tubuh.

Hal ini pada gilirannya akan mengganggu pertumbuhan rambut normal dan meningkatkan kerontokan rambut. Makan makanan kaya zat besi seperti kacang-kacangan, daging merah, sayuran hijau tua dan buah-buahan kering, ini akan membantu mengurangi rambut rontok berlebihan.

3. Berhenti merokok
Rokok juga bisa memicu kerontokan rambut karena dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan merusak suplai darah ke folikel rambut.

4. Rileks
Memiliki kelebihan hormon laki-laki mungkin tidak terdengar seperti hal yang buruk, tetapi testosteron dan dihidrotestosteron (DHT) dapat memiliki efek buruk pada bagian-bagian tertentu dari folikel rambut.

Hormon tersebut meresap ke batang rambut dan menyebabkan rambut menjadi lebih tipis. Setelah rambut menyusut, dengan diameter tertentu akan berhenti tumbuh sepenuhnya. Ketika pria sedang stres, tubuh akan memproduksi hormon lebih banyak dan cenderung membuat rambut rontok.

5. Jangan menyisir dengan keras
Menyisir rambut dengan keras dapat menggaruk kulit kepala dan menarik rambut keluar dari akar serta merusak folikel rambut. Sangat penting untuk merawat kulit kepala dengan lembut ketika keramas, dan jangan menarik-narik rambut dengan sikat atau sisir.

6. Jangan mewarnai rambut
Pewarna yang berisi bahan kimia para-phenylenediamine (PPD) dapat menyebabkan reaksi alergi parah dan dermatitis, yang dapat menyebabkan kerusakan pada folikel kulit kepala dan rambut.

==============

sumber: ini

2 thoughts on “Random Health Facts #6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s