Random Health Facts #7

Apa yang Terjadi Saat Berhenti Merokok?

Nikotin yang sangat adiktif dapat memicu gejala balikan (withdrawal) pada orang yang baru saja berhenti merokok, sehingga menyebabkan orang sering gagal dalam upaya berhenti merokok. Gejala withdrawal biasanya dimulai beberapa jam setelah berhenti merokok dan dapat berlangsung selama beberapa minggu.

Withdrawal ditandai dengan perasaan mudah marah, kecemasan, depresi, pusing, kelelahan, sakit kepala, nafsu makan meningkat, kurang konsentrasi, gangguan tidur dan kenaikan berat badan.

Untuk menghilangkan gejala ini,  mantan perokok dianjurkan melakukan kegiatan yang dapat menggantikan rokok sebagai solusi untuk menghilangkan kelaparan dan stres, seperti mengunyah permen karet dan olahraga.

Ketika gejala withdrawal dapat teratasi, maka tubuh akan dapat segera merasakan manfaat dari berhenti merokok. Manfaat itu akan semakin besar saat tidak merokok dalam jangka panjang.

Berhenti merokok dapat mengurangi tekanan darah dan denyut jantung dalam waktu 20 menit. Karbon monoksida merusak sistem saraf, tetapi jumlah itu dalam darah kembali normal dalam waktu 12 jam setelah berhenti merokok.

Tidak merokok untuk dalam jangka waktu 1 tahun dapat memotong risiko penyakit jantung menjadi setengahnya, dan dalam 10 tahun dapat mengurangi risiko kanker. Berhenti merokok juga mengurangi risiko kanker kandung kemih, leher rahim, kerongkongan, pankreas mulut dan kanker tenggorokan.

===================

2 Penyebab Mata Bengkak Setelah Menangis

Ternyata ada 2 penyebab mata bengkak usai menangis.

1. Cairan air mata mengandung garam yang menyebabkan mata menjadi merah dan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis membesar. Kondisi inilah yang membuat mata terlihat bengkak setelah menangis.

2. Saat menangis terjadi peningkatan aliran darah di area wajah yang memicu terjadi pembengkakan di kulit bawah mata.

Ketika perasaan sedih atau emosional lainnya dipicu, maka saraf akan mengirimkan sinyal-sinyal ke otak yang kemudian dilanjutkan ke lacrimal (kelenjar yang berfungsi menghasilkan air mata).

Cara untuk mengatasinya:

  1. Meneteskan beberapa obat tetes mata untuk mengatasi kemerahan dan mengurangi radang pembuluh darah di mata.
  2. Memberikan kompres dingin pada mata, misalnya dengan menggunakan handuk yang sudah direndam air dingin atau dengan es batu yang diletakkan dalam plastik. Kompres dingin tidak hanya untuk mengurangi bengkak tapi juga membantu mengurangi mati rasa, rasa nyeri dan sakit.
  3. Lletakkan irisan mentimun (kandungan airnya tinggi hampir 90 persen), kentang atau mengompres dengan kantong teh (mengandung kafein yang bisa membantu menyempitkan pembuluh darah).
  4. Saat mengompres sebaiknya posisi tubuh berbaring atau duduk dengan kepala lebih tinggi, biarkan kompres mata selama 10 menit.
  5. Mengonsumsi banyak air untuk mencegah dehidrasi. Menjaga tubuh tetap hidrasi adalah salah satu cara untuk mengurangi mata bengkak, serta air membantu mengalirkan penumpukan cairan yang ada di bawah mata.
  6. Hindari makanan asin setelah menangis, karena makanan asin biasanya mengandung natrium dan kelebihan natrium dapat meningkatkan retensi air yang menyebabkan mata menjadi lebih bengkak.
  7. Jika tidak juga berkurang gunakan krim anti peradangan atau krim yang mengandung kafein untuk mengecilkan pembuluh darah di bawah mata sehingga pembengkakan berkurang. Oleskan dengan menggunakan jari manis secara lembut di kulit bawah mata.

===================

Perut Buncit Kempes dengan Diet Semangka

Semangka adalah makanan dengan kepadatan energi yang rendah dan kalorinya sangat kecil walaupun dimakan dalam jumlah banyak, sehingga dapat membuat kenyang tanpa menambahkan kalori terlalu banyak untuk total sehari-hari.

Semangka memiliki kepadatan energi rendah karena kandungan airnya tinggi, yang juga dapat menghindari orang mengalami dehidrasi dan dapat mencegah keinginan untuk makan makanan penutup lain yang justru tinggi kalori.

Semangka 91 persen mengandung air. Kandungan air ini dapat bertindak sebagai diuretik alami. Efek diuretik pada semangka membuat orang akan sering buang air kecil, sehingga mengurangi jumlah retensi air dalam tubuh. Retensi air dalam tubuh ini yang sering menyebabkan perut buncit.

2 porsi mangkok irisan dadu semangka mengandung karbohidrat 21 g, gula 20 g, serta tidak mengandung lemak dan kolesterol. Setiap porsi semangka juga menyediakan 30 persen dari kebutuhan harian seseorang untuk vitamin A sebagai beta-karoten, 25 persen untuk vitamin C dan 8 persen untuk kalium.

2 porsi (mangkok) semangka hanya mengandung 80 kalori.

Untuk mendapatkan manfaatnya, semangka baik dikonsumsi sebagai jus tanpa gula pada waktu sarapan, makanan ringan menjelang makan siang, serta makanan penutup setelah makan siang atau makan malam.

Selain rendah kalori, antioksidan yang terkandung di dalam semangka dapat meningkatkan fungsi alami sistem kekebalan tubuh serta mengurangi risiko penyakit jantung. Bila dimakan sebagai bagian dari pola makan seimbang, semangka juga dapat mengurangi risiko stroke, batu ginjal, keropos tulang, diabetes dan kanker.

===================

Referensi: sumber 1 | sumber 2 | sumber 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s