Random Health Facts #8

Minuman-minuman yang Bagus Buat Tubuh

1. Air putih
Air putih adalah cairan paling dasar yang dibutuhkan tubuh manusia. Air diperlukan untuk memainkan fungsi di otak, ginjal dan jantung. Hidrasi yang tepat membantu menjaga sendi dan pelumasan otot. Dianjurkan minum 8 gelas air putih setiap hari.

2. Jus buah dan sayur segar
Buah dan sayur sangat dibutuhkan untuk kesehatan, tapi sebaiknya tidak menambahkan banyak gula pada jus segar tersebut.

3. Teh hijau
Teh hijau merupakan gudang dari mineral dan antioksidan. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme sehingga membantu menurunkan berat badan, otak menjadi rileks, meningkatkan kesehatan jantung dan bahkan dapat mengontrol diabetes dan eksim.

Flavonoid dan polifenol yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ke tingkat yang luar biasa, dan kandungan catechin hadir dapat menghilangkan kantuk dan bekerja sebagai pengurang stres.

4. Susu
Kalsium dalam susu tidak hanya membantu memperkuat tulang tetapi juga berkontribusi terhadap perusakan lemak yang tersimpan dalam sel-sel lemak dalam tubuh. Jika Anda berencana menurunkan berat badan atau takut dengan kandungan lemak dalam susu, pilihlah susu skim.

5. Kopi
Kopi juga merupakan minuman sehat bila dikonsumsi tidak terlalu banyak (1 atau 2 cangkir per hari). Kafein telah lama dikenal untuk meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, kafein juga dikenal dapat melindungi tubuh dari penyakit Parkinson, Alzheimer, bentuk-bentuk tertentu dari penyakit jantung dan kanker usus besar.

6. Buttermilk

Buttermilk adalah minuman yang sempurna untuk musim panas. Buttermilk menyediakan kalsium, vitamin B kompleks, kalium dan fosfor. Jika dibuat dari bakteri probiotik, hal tersebut juga bermanfaat untuk sistem pencernaan Anda.

===================

Kapan Waktu Makan Buah yang Benar?

Buah merupakan alat untuk detoksifikasi dan penyedia gula alami. Bila dimakan dengan cara yang benar, maka buah akan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Makan 3 porsi buah setiap hari bisa membersihkan tubuh dari racun dan membantu sistem pencernaan.

Lalu kapan makan buah yang benar, sebelum atau sesudah makan?

Dr Samuel Oetoro, SpG.K., ahli gizi klinik FKUI-RSCM mengatakan, “Sistem pencernaan kita sudah diciptakan dengan sempurna. Maka makan buah dapat kapan saja, baik sebelum atau sesudah makan.”

Bila tidak memiliki masalah lambung, maka makan buah sebelum makan akan memberi hasil terbaik.

Hal ini akan membuat nutrisi dalam buah akan lebih banyak terserap oleh tubuh. Untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, makan buah sebaiknya dilakukan sebelum makan, agar perut cepat merasa kenyang.

Tapi untuk orang dengan penyakit tertentu seperti radang lambung atau maag, sebaiknya makan buah sesudah makan agar tidak menaikkan asam lambung.

Berikut beberapa tips cara makan buah yang benar agar memberi manfaat maksimal untuk tubuh:

1. Makan buah dalam keadaan perut kosong. Ini akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal.
2. Setelah makan buah, beri tenggang waktu 30 menit sebelum makan makanan lainnya.
3. Jika ingin makan buah setelah makan, maka sebaiknya tunggu sekitar 3 jam sebelum makan buah. Ini untuk memastikan bahwa makanan yang sebelumnya sudah dicerna dengan baik oleh tubuh sebelum buah masuk ke dalam tubuh.
4. Cobalah makan buah di pagi hari. Hal ini membantu untuk meningkatkan gula darah secara perlahan dan tidak tergesa-gesa. Karena sistem pencernaan telah diam sepanjang malam, makan buah adalah cara restart yang lembut di pagi hari.
5. Jangan makan buah bersamaan dengan makanan lain
6. Makan buah sebagai pencuci mulut tidak memberi hasil terbaik untuk tubuh
7. Makanlah buah organik untuk menghindarkan efek pestisida yang tersisa
8. Hindari buah kaleng, buah beku atau buah yang sudah diproses. Buah-buah yang sudah diolah biasanya mengandung banyak gula, pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang tidak diinginkan.

===================

Mangga Paling Bagus Buat Kesehatan Usus

Mangga telah dikenal sebagai buah dengan karbohidrat dan kalori yang tinggi. Selain itu, mangga memiliki tingkat prebiotik yang lebih tinggi dari sayur dan buah lainnya, sehingga membantu menjaga usus sehat.

Prebiotik merupakan sejenis serat khusus yang bisa menjadi makanan bagi mikroorganisme di dalam usus. Prebiotik bisa dikatakan sebagai makanan non-cerna yang membantu pertumbuhan bakteri menguntungkan (probiotik) dalam usus.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang diminum untuk menjaga keseimbangan sistem pencernaan di usus. Probiotik atau bakteri baik sangat membantu mencegah penyakit. Jika Anda memiliki sejumlah besar bakteri baik ini dalam tubuh, maka lapisan dalam usus tetap sehat dan membantu mencegah penyakit seperti peradangan, penyakit usus, penyakit yang berhubungan dengan antibiotik, susah buang air besar dan irritable bowel syndrome (sindrom iritasi usus).

Hasil studi menunjukkan bahwa L rhamnosus, yang merupakan bakteri menguntungkan yang tumbuh dalam medium yang mengandung mangga, membantu mengurangi keberadaan E coli. Hal ini menunjukkan potensi menjanjikan untuk varietas mangga sebagai sumber prebiotik.

===================

Sumber: 1 | 2 | 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s